Rabu, 20 Juni 2012

EURO 2012: Ada apa dengan Belanda?

Yah, sangat ironis sekali. Negara sekelas Belanda tidak dapat lolos dari penyisihan grup B Euro 2012. Hasil ini 180 derajat terbalik dengan prediksi para penggemar sepakbola yang menjagokan lolos bersama dengan Jerman. Tapi apa yang terjadi? Kalah atas Denmark di pertandingan awal grup B, lalu kalah dari Jerman dan Portugal, membuat mereka mengalami kekalahan di semua pertandingan grup B.


Sebenarnya, dari awal kualifikasi, Belanda tampil sangat garang. Bahkan, mereka mampu menghancurkan tim kecil San Marino dengan 11 tamparan tak berbalas satupun dari negara bagian dari Italia tersebut. Sepanjang kualifikasi, Belanda mencetak 37 gol(tertinggi di fase kualifikasi), dan kebobolan 8 gol. Selain itu, Klaas Jan-Huntelaar menjadi top-scorer sepanjang kualifikasi dengan 12 gol, 3 gol lebih baik daripada Miroslav Klose. Selain itu, mereka mencatatkan 99% kemenangan(berarti 9 kali menang) dan 1 kali kalah(atas Swedia yang membuat negara Skandinavia tersebut lolos otomatis karena menjadi runner-up terbaik).Selain itu, mereka digadang-gadangkan menjadi tim yang akan mengangkat tropi Henri Delaunay, selain juara bertahan Spanyol dan Jerman.


Namun, apa yang terjadi? Pada pembukaaan grup B, mereka kandas oleh tim non-unggulan Denmark, melalui gol dari mantan pemain Ajax Amsterdam, Michael Krohn-Dehli. Selanjutnya, mereka bertekuk lutut pada Jerman, melalui kaki emas seorang Mario Gomez, walau bisa dikejar melalui pemain Arsenal, Robin van Persie. Dan pada partai hidup-mati melawan Portugal, mereka takluk oleh sang kapten Portugal, CR7, yang membuat 2 gol. Hasil ini sangat mengejutkan Eropa dan dunia, karena Belanda jagoan peraih titel Euro 2012.


Hal ini berbanding terbalik di Piala Dunia 2010. Mereka tidak diunggulkan dalam meraih titel PD 2010. Tapi apa yang terjadi? Sukses menjuarai grup dengan 100% kemenangan, dan bisa sampai final(termasuk saat mengalahkan dua negara besar Amerika Latin Brazil dan Uruguay). Tapi akhirnya mereka takluk atas juara baru Spanyol, yang membuat el Matador menjadi negara Eropa pertama yang mampu menjuarai PD di luar Eropa. Perfoma hebat Belanda itu disebabkan karena perfoma ciamik gelandang milik Inter Milan, Wesley Sneijder, yang membukukan 4 gol sepanjang gelaran PD.


Lalu, sebenarnya apa yang membuat Belanda gagal di Euro 2012? Saya punya ulasannya. Hal ini diakibatkan:
1. Menurunnya perfoma Wesley Sneijder bersama klub, yang membuat perfomanya menurun drastis bersama tim Oranje
2. Kehilangan seorang Giovanni van Bronckhorst dan Andre Ooijer di sektor sayap kiri dan bek tengah Belanda menjadi kehilangan yang sangat besar. Sepanjang gelaran Euro 2012 Belanda, bek sayap kiri diisi bergantian oleh Jetro Willems dan Ron Vlaar, sedangkan bek tengah diisi oleh John Heitinga, namun hasilnya sangat tidak maksimal.



Dengan hasil ini, Bert van Marwijk sebagai pelatih, sedang dibayangi pemecatan oleh KNVB. Jika van Marwijk jadi dipecat, maka akan dicari penggantinya. Saya punya 1 calon pengganti van Marwijk, yaitu:
Frank de Boer
Pelatih ini sangat hebat saat menukangi Ajax Amsterdam. Mantan bek Barcelona itu membawa Ajax juara Erendivisie musim 2010-2011 dan 2011-2012. Selain itu, kecerdikannya menyatukan pemain muda dengan pemain senior juga patut diacungi jempol.


Jadi, apa yang akan diputuskan oleh KNVB? Menarik untuk ditunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar