Sabtu, 15 Oktober 2011

Unggulan DBL Junior 2011 Surabaya

Kali ini saya akan menerbitkan entri tentang siapa saja sih, yg bs lolos k Big Eight DBL Junior 2011 Surabaya(dari beberapa grup). Kita liat yang satu ini.
Pada babak utama tahun ini, banyak kejutan yang datang. Seperti, SMP Khodijah dan SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik yang lolos. Lalu, kesengitan di beberapa grup. Serta banyak kejutan lainnya.

Kita samperin yg putra dulu.

Grup A

Kehadiran SMP Khodijah Surabaya menjadi persaingan yang seru di grup ini. Pasalnya, mereka secara mengejutkan memaksa tim basket putra SMP Mutiara Bunda Sidoarjo angkat koper dari babak penyisihan awal. Melalui jumlah goal average yang tinggi, DJ, julukan Khodijah, lolos ke babak utama. Tapi jangan lupakan dulu SMP Cita Hati Surabaya. Walau sudah tidak diperkuat oleh  'Yao Ming' Surabaya, Vincent Koasih, mereka tetap superior. Tugas mereka kali ini adalah mempertahankan gelar yang mereka dapat pada tahun lalu. Tapi juga jangan lupakan dua pesaing mereka, yaitu SMPN 2 Sidoarjo dan SMP Petra 1 Surabaya. Dua tim ini bisa menyulitkan SMP Cita Hati untuk mempertahankan gelar.

Prediksi klasemen akhir grup A:
1. SMP Cita Hati Surabaya
2. SMP Petra 1 Surabaya
3. SMP Khodijah Surabaya
4. SMP Negeri 2 Sidoarjo

Grup B

Sudah pasti tiket Big Eight akan diperebutkan oleh 3 tim basket putra berkualitas, yaitu SMP Gloria Surabaya, SMPN 22 Surabaya, dan SMPN 12 Surabaya. Tapi jangan lupakan SMP Petra 2 Surabaya. Bisa saja Petra 2 dapat menyulitkan Gloria, julukan SMP Gloria, Rholaz, julukan SMPN 12, dan Dapurda, julukan SMPN 22. Dan laga opening yang tersaji adalah SMPN 22 Surabaya melawan SMPN 12 Surabaya. Sama-sama sudah mengenal permainan, karena mereka sering bertemu.

Prediksi klasemen akhir grup B
1. SMP Gloria Surabaya
2. SMPN 12 Surabaya
3. SMPN 22 Surabaya
4. SMP Petra 2 Surabaya

Grup C

Merupakan salah satu grup neraka. Dihuni oleh 4 tim basket putra mumpuni, yaitu SMP Stella Maris, SMPN 6 Sidoarjo, SMP Petra 4 Sidoarjo, dan SMP Santa Clara Surabaya. Yang jadi perhitungan adalah SMPN 6 Sidoarjo dan SMP Petra 4 Sidoarjo. Sixers, julukan SMPN 6 Sidoarjo, berhasil menyapu bersih seluruh partai penyisihan awal dengan goal average yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5. Salah satu kemenangan telak mereka adalah menghanguskan Dhani, julukan SMP Dharma Wanita Surabaya, dgn skor 84-8. Sedangkan Petra 4, julukan SMP Petra 4 Sidoarjo, merupakan tim dengan kualitas permainan yang baik. Bisa jadi SMP Stella Maris dan SMP Santa Clara Surabaya mendapat kesulitan dengan 2 tim asal Sidoarjo tersebut.

Prediksi klasemen akhir grup C
1. SMP Stella Maris Surabaya
2. SMP Petra 4 Sidoarjo
3. SMPN Santa Clara Surabaya
4. SMPN 6 Sidoarjo

Grup D

Dihuni oleh SMP Angelus Custos 1 Surabaya, SMPN 3 Surabaya, SMPN 2 Surabaya, dan SMPN 1 Candi Sidoarjo. Mungkin AC1, julukan SMP Angelus Custos 1 Surabaya, lebih diunggulkan. Tapi jangan lupakan 3 pesaing lainnya. Bisa jadi, malah AC1 bisa kesulitan oleh 3 tim tersebut.

Prediksi klasemen akhir grup D
1. SMP Angelus Custos 1 Surabaya
2. SMPN 2 Surabaya
3. SMPN 3 Surabaya
4. SMPN 1 Candi Sidoarjo

Grup E

Memang dari semua grup, grup ini grup neraka yang paling banyak diperbincangkan. Dihuni oleh 4 tim basket putra hebat, yaitu SMPN 6 Surabaya, SMPN 16 Surabaya, SMP Untung Suropati Sidoarjo, dan SMP Santa Agnes Surabaya. Seluruh kekuatan tim merata. Spensix dan Stag, julukan SMPN 6 Surabaya dan SMP Santa Agnes Surabaya, tradisi basketnya kuat. Tapi jangan remehkan 2 pesaingnya, yaitu Unsur, julukan SMP Untung Suropati Sidoarjo, dan Spensixteen, julukan SMPN 16 Surabaya. Terutama untuk Unsur. Mereka menjuarai grup A dengan sapu bersih alias selalu menang dalam seluruh pertandingan penyisihan awal dengan kemenangan telak. Sama seperti Spensixteen. Bisa jadi, persaingan di grup E sangat ketat dan sengit. Laga opening juga terjadi di grup ini, ketika Unsur bertanding melawan Stag.

Prediksi klasemen akhir grup E
1. SMP Santa Agnes Surabaya
2. SMP Untung Suropati Sidoarjo
3. SMPN 6 Surabaya
4. SMPN 16 Surabaya

Grup F

Kehadiran SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik menjadi pertarungan seru di grup ini. Maklum, Hoopster, julukan SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, secara mengejutkan menyingkirkan SMP Santa Maria 2 Sidoarjo, dan menjadi catatan, tim Gresik pertama yang lolos ke babak utama sebanyak 2 kali. Bagi Hoopster, ini adalah kelolosan untuk kedua kalinya. Tahun lalu mereka juga merasakan pertarungan di babak utama DBL Junior 2010. Ditambah dengan kehadiran SMP Santa Maria Surabaya. Srikandi Sanmar, julukan SMP Santa Maria Surabaya, merupakan kekuatan hebat di grup ini. Jangan lupakan Hoopster, lalu SMP Petra 5 Surabaya, dan SMPN 7 Surabaya. Terutama untuk SMP Petra 5 Surabaya. Mereka adalah finalis DBL Junior 2010. Srikandi Sanmar dan Petra 5 akan bersaing dengan SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik dan SMPN 7 Surabaya.

Prediksi klasemen akhir grup F
1. SMP Petra 5 Surabaya
2. SMP Santa Maria Surabaya
3. SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik
4. SMPN 7 Surabaya

Grup G

Persaingan di grup ini terbilang sengit, sama sengitnya dengan grup C dan grup E. Maklum, karena 4 tim yang berlaga di grup ini, yaitu SMP Santo Stainlaus 2 Surabaya, SMPN 1 Surabaya, SMPN 1 Sidoarjo, dan SMPN 13 Surabaya, memiliki kualitas permainan yang merata. Bisa jadi persaingan akan sengit nanti.

Prediksi klasemen akhir grup G
1. SMPN Stainlaus 2 Surabaya
2. SMPN 1 Sidoarjo
3. SMP 1 Surabaya
4. SMPN 13 Surabaya

Grup H

Inilah ajang pembuktian bagi SMP YPPI II Surabaya. Mereka bisa menjadi kuda hitam grup ini. Walau langkah itu sulit dengan kehadiran 3 tim lainnya, yaitu SMP Ciputra Surabaya, SMPN 39 Surabaya, dan SMPN 19 Surabaya. Terutama SMP Ciputra Surabaya. Target tim Ciputra, julukan SMP Ciputra Surabaya, sangat besar. Yaitu menjadi juara kembali. Mereka pernah mengangkat champion DBL Jr. 2007. Sayang tahun lalu mereka gagal lolos ke Big Eight setelah kalah bersaing dengan SMP Stella Maris Surabaya. Tapi dua tim lain, yaitu SMPN 39 Surabaya, dan SMPN 19 Surabaya, bisa menjadi penghalang untuk SMP YPPI II dan SMP Ciputra.

Prediksi klasemen akhir grup G
1. SMP YPPI II Surabaya
2. SMP Ciputra Surabaya
3. SMPN 19 Surabaya
4. SMPN 39 Surabaya

Sekarang kita samperin yang putri yuk.

Grup A

Grup ini disebut-sebut sebagai kembaran dari grup E dan menarik untuk dibahas. Maklum, 4 tim yang berlaga di grup ini, yaitu SMPN Wonoayu Sidoarjo, SMPN 19 Surabaya, SMP Gloria Surabaya, dan SMP Ciputra Surabaya, pernah meraih gelar champion. Terutama untuk SMPN Wonoayu sebagai juara bertahan. Sedangkan Gloria, julukan SMP Gloria, tahun lalu kalah bersaing dengan SMP Untung Suropati Sidoarjo di babak utama. tapi mereka adalah champion putri pada tahun 2007 dan 2008. Sedangkan Ciputra, julukan SMP Ciputra, adalah champion putra di tahun 2007. Sedangkan SMPN 19 Surabaya adalah champion putra pada tahun 2006. Persaingan akan seru, terutama antara Spendayu, julukan SMPN Wonoayu, dengan Gloria, julukan SMP Gloria.

Prediksi klasemen akhir grup A
1. SMP Gloria Surabaya
2. SMPN Wonoayu Sidoarjo
3. SMP Ciputra Surabaya
4. SMPN 19 Surabaya

Grup B

Dihuni oleh SMP Untung Suropati Sidoarjo, SMPN 6 Surabaya, SMPN 1 Surabaya, dan SMP Cita Hati Surabaya. Unsur, julukan SMP Untung Suropati, bisa menjadi kuda hitam kembali. Asal mereka bisa menghalang CH, julukan SMP Cita Hati. Tahun lalu, mereka secara mengejutkan lolos dengan sapu bersih kemenangan, bahkan bisa membuat SMP Gloria angkat koper terlebih dahulu. Bahkan, mereka mampu menaklukan SMP Stella Maris Surabaya, yang merupakan champion putri DBL Jr. 2009. Sayang, langkah mereka dihentikan oleh SMPN Wonoayu Sidoarjo di babak Fantastic Four.

Prediksi klasemen akhir grup B
1. SMP Untung Suropati Sidoarjo
2. SMP Cita Hati Surabaya
3. SMPN 6 Surabaya
4. SMPN 1 Surabaya

Grup C

Pasti pecinta basket Surabaya banyak yang menduga, bahwa SMP Stella Maris Surabaya, akan lolos. Tapi, menurut saya, grup C ini juga grup yang kekuatannya merata. Dihuni oleh SMP Stella Maris Surabaya, SMP Vita Surabaya, SMPN 6 Sidoarjo, dan SMP Mutiara Bunda Sidoarjo. Bagi Stelma, julukan Stella Maris, mereka harus lolos dan menjadi champion. Karena tahun lalu, secara mengejutkan, mereka tumbang oleh kuda hitam baru SMP Untung Suropati Sidoarjo. Tapi jalan Stelma untuk melaju mulus ada kendalanya. Penghalang yang paling utama adalah Vita, julukan SMP Vita, dan Strada, julukan SMP Mutiara Bunda.

Prediksi klasemen akhir grup C
1. SMP Stella Maris Surabaya
2. SMP Vita Surabaya
3. SMP Mutiara Bunda Sidoarjo
4. SMPN 6 Sidoarjo

Grup D

Saya rasa grup D ini juga menyajikan persaingan yang sangat ketat. Dihuni oleh 4 tim basket putri, yaitu SMP Santa Clara Surabaya, SMP Petra 4 Sidoarjo, SMPN 1 Sedati Sidoarjo, dan SMP Santa Maria 2 Sidoarjo. Catatan untuk SMPN 1 Sedati dan SMP Santa Maria 2 Sidoarjo. Mereka adalah kuda hitam grup ini. SMPN 1 Sedati secara mengejutkan lolos dari penyisihan awal dengan sapu bersih kemenangan. Sama seperti Sanmar 2, julukan SMP Santa Maria 2. Jangan lupakan Petra 4, julukan SMP Petra 4. Tim ini juga cukup berkualitas. Jangan lupakan dulu SMP Santa Clara.

Prediksi klasemen akhir grup D
1. SMP Petra 4 Sidoarjo
2. SMP Santa Maria 2 Sidoarjo
3. SMP Santa Clara Surabaya
4. SMPN 1 Sedati Sidoarjo


Grup E

Dihuni oleh 4 tim, yaitu SMP Angelus Custos 1 Surabaya, SMP YPPI I Surabaya, SMPN 1 Waru Sidoarjo, dan SMP Gloria 2 Surabaya. Jika dilihat dari kekuatan tim, pastinya AC1, julukan SMP Angelus Custos 1, lebih diunggulkan. Tapi, SMP YPPI I dan SMP Gloria 2 Surabaya juga tidak mau kalah dengan AC1. Persaingan pasti akan sengit di grup ini.

Prediksi klasemen akhir grup E
1. SMP Angelus Custos 1 Surabaya
2. SMP YPPI I Surabaya
3. SMP Gloria 2 Surabaya
4. SMPN 1 Waru Sidoarjo

Grup F

Dihuni oleh SMPN 2 Waru Sidoarjo, SMP Carolus Surabaya, SMPN 22 Surabaya, dan SMPN 4 Sidoarjo. Spendaroe, julukan SMPN 2 Waru, sangat optimis untuk lolos di grup ini. Bahkan mereka masih penasaran, mengapa mereka gagal mengangkat champion DBL Jr. 2010 lalu. Padahal mereka secara mengejutkan menumbangkan SMP Angelus Custos 1 Surabaya. Kenapa bisa disebut begitu? Karena AC1, julukan SMP Angelus Custos 1, adalah unggulan teratas tim yang bisa meraih titel champion DBL Jr. 2010. Tapi mungkin mereka akan menghadapi batu sandungan di grup ini. Foursda, julukan SMPN 4 Sidoarjo, dan Dapurda, julukan SMPN 22 Surabaya, bisa menjadi batu sandungan mereka. Sedangkan Carolus, julukan SMP Carolus, tidak terlalu diperhitungkan. Tapi mereka bisa menjadi kuda hitam di grup ini.

Prediksi klasemen akhir grup F
1. SMPN 2 Waru Sidoarjo
2. SMP Carolus Surabaya
3. SMPN 22 Surabaya
4. SMPN 4 Sidoarjo


Grup G


Grup ini memiliki kekuatan yang sama. Dihuni oleh SMP Santa Agnes Surabaya, SMP Petra 2 Surabaya, SMP Petra 5 Surabaya, dan SMP YP Trisila Surabaya. Stag, julukan SMP Santa Agnes, memang unggulan di grup ini. Tapi duo Petra ini bisa saja menyulitkan mereka. Sedangkan SMP YP Trisila tidak terlalu diperhitungkan. Tapi tetap bisa menjadi kuda hitam di grup ini.

Prediksi klasemen akhir grup G
1. SMP Santa Agnes Surabaya
2. SMP Petra 5 Surabaya
3. SMP Petra 2 Surabaya
4. SMP YP Trisila Surabaya

Grup H

Dihuni oleh SMP Santa Maria Surabaya, SMP YPPI II Surabaya, SMPN 3 Surabaya, dan SMPN 39 Surabaya. Srikandi Sanmar, julukan SMP Santa Maria Surabaya, sudah pasti diunggulkan di grup ini. Memang mereka tidak menemui kesulitan saat melawan 3 tim lain. Tapi 3 tim lain bisa jadi batu sandungan Srikandi Sanmar jika mereka meremehkan lawan.

Prediksi klasemen akhir grup H
1. SMP Santa Maria Surabaya
2. SMPN 3 Surabaya
3. SMPN 39 Surabaya
4. SMP YPPI II Surabaya

Sudah cukup sekian informasi dari saya. Nyuwun pangapunten apabila ada kesalahan. Sugeng enjang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar